Pages

Rabu, 23 Januari 2013

Ayat-ayat tentang sumber-sumber ilmu

Menurut pandangan Al-Qur’an, seperti diisyaratkan oleh wahyu pertama, ilmu terdiri dari dua macam.
1.    Ilmu yang diperoleh tanpa upaya manusia. Seperti diinformasikan antara lain oleh Al-Qur’an surat Al-Kahfi: 65[1].
a.    Surat Al-Kahfi: 65
فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا
“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba kami, yang Telah kami berikan kepadanya rahmat dari sisi kami, dan yang Telah kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.”

Menurut ahli tafsir lafadz hamba dalam ayat ini ialah Nabi Khidhr, dan yang dimaksud dengan rahmat di sini ialah wahyu kenabian. Sedang yang dimaksud dengan ilmu ialah ilmu tentang yang ghaib.
Pada dasarnya semua ilmu itu berasal dari satu sumber yakni dari Allah SWT. Akan tetapi ada dua cara perolehan dan pengembangan ilmu, yaitu: Allah mengajar manusia tanpa pena atau tanpa usaha manusia sedikitpun. Dan mengajar manusia dengan pena yang telah diketahui manusia lain sebelumnya atau atas dasar usaha manusia tersebut.
Menurut Hujjatul Islam Al-Ghazali, bahwa pada garis besarnya, dalam ayat ini terdapat 2 cara bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu:[2]
1.    Pengajaran yang langsung diberikan Allah kepada seeorang yang disebut ilmu robbani. Ilmu ini dibagi menjadi 2, yaitu:
a.       Diberikan dengan cara wahyu, yang ilmunya disebut ‘ilmu al-anbiya’ dan khusu para nabi.
b.      Diberikan dengan cara ilham, yang ilmunya disebut ilmu laduni. Ilham ini merupakan perhiasan yang diberikan Allah kepada para kekasih-Nya (pa wali Allah).
2.    Proses pengajaran dari manusia, disebut ta’lim al-insan, yang dibagi 2, yaitu:
a.       Belajar kepada orang lain.
b.      Belajar sendiri dengan kemampuan akal pikiran.
2.    Ilmu yang diperoleh karena usaha manusia, ilmu ini dinamakan ilmu kasbi. Ayat-ayat ilmu kasbi jauh lebih banyak daripada yang berbicara tentang ilmu laduni.  
a.    Surat Al-Rahman: 1-2
الرَّحْمَنُ (1)  عَلَّمَ الْقُرْآنَ (2)
            “ (Tuhan) yang Maha pemurah.  Yang telah mengajarkan Al Quran.”
 Lafadz al-qu’an dalam ayat ini adalah firman-firman Allah SWT. yang disampaikan oleh malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW. yang dijadikan sebagai pedoman hidup bagi kaum muslim. Sebagimana hadits yang diriwayatkan oleh Malik, Nabi Muhammad SAW. bersabda “sesungguhnya telah kutinggalkan untukmu dua perkara, yang kamu tidak akan sesat selama kamu masih berpegang kepada keduanya, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.”
Allah SWT. telah memerintahkan hamba-Nya untuk menjadikan al-Qur’an sebagai sumber pertama ilmu kasbi. Hal ini dikarenakan al-qur’an sendiri langsung dari sisi Allah SWT. dan dalam pengawasannya, sehingga terjaga dari kesalahan, dan terbebas dari segala kepentingan apapun, karena ia diturunkan dari Yang Maha Berilmu dan Yang Maha Adil.
Al-Qur’an sebagai sumber ilmu dapat melahirkan berbagai macam aspek ilmu-ilmu, bukan hanya ilmu pengetahuan dan ilmu keislaman saja tetapi juga teknologi, karena semakin intensif manusia menggali ayat-ayat al-Qur’an maka akan semakin banyak pula isyarat keilmuan yang didapatkan.
Di dalam Al-Qur’an juga banyak terkandung unsur-unsur pendidikan antara lain: menghormati akal manusia, bimbingan ilmiah, fitrah manusia, penggunaan cerita (kisah) untuk bertujuan pendidikan dan memelihara keperluan semua masyarakat.
b.    Surat Al-Maidah: 31
فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الْأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِي ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِينَ
“Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, Mengapa Aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu Aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.”
Diriwayatkan ayat ini turun setelah Qobil membunuh saudaranya Habil. Ia tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya terhadap mayat saudaranya. Karena ini pembunuhan pertama yang terjadi di kalangan manusia. Maka Allah menyuruh seekor burung gagak mengali-gali di bumi lalu menguburkan sesuatu untuk memperlihatkan kepada Qobil.[3]
Dipahami dari ayat Ini bahwa manusia banyak pula mengambil pelajaran dari alam dan jangan segan-segan mengambil pelajaran dari yang lebih rendah tingkatan pengetahuannya.
Di antara sumber-sumber yang lain alam juga bisa digunakan sebagai sumber, media dan sarana belajar untuk memetik ilmu pengetahuan. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber ilmu karena itu kita harus peka terhadap sesuatu yang ada tersebut dan tidak meremehkan hal-hal yang kecil untuk diambil pelajarannya.
c.   Surat Ali ‘Imran: 159
وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
“Bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”
Asbabun nuzul dari ayat ini dalah setelah kegagalan kaum muslimin dalam perang uhud. Padahal sebelum perang para kum muslimin mengadakan musyawaroh. Tetapi hasilnya adalah kegagalan. Hasil ini boleh jadi mengntar eseoran untuk berksimpulan bahwa musyawaroh tidak perlu diadakan. Apalagi bagi Rosul. Karena itu ayat ini dipahami sebagai pesan untuk melakukan musyawaroh. Karena kesalahan yang dilakukan setelah musyawaroh tidak sebesar kesalahan yag dilakukan tanpa musyawaroh, dan kebenaran yang diraih sendirian tidak sebaik kebenaran yan diraih bersama.[4]

d.    Surat Al-Syura: 38
وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ
“Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka.”
Ayat ini turun sebagai pujian kepada kelompok Muslim Madinah (Anshar) yang bersedia membela Nabi SAW. dan menyepakati hal tersebut melalui musyawarah yang mereka laksanakan di rumah Abu Ayyub Al-Anshari.[5]
Kata musyawaroh terambil dari akar kata sy-, w-, r-, yang pada mulanya bermakna mengeluarkan madu dari sarang lebah. Makna ini kemudian berkembang, sehingga mencakup segala sesuatu yang dapat diambil atau dikeluarkan dari yang lain (termasuk pendapat). Musyawaroh dapat juga berarti mengatakan atau mengajukan sesuatu. Kata musyawaroh pada dasarnya hanya digunakan untuk hal-hal yang baik, sejalan dengan makna dasarnya.
Dari kedua ayat di atas, dapat kita ketahui bahwa untuk mendapatkan ilmu juga bisa mengadakan musyawaroh atau kata ilmiahnya diskusi. Musyawaroh atau diskusi bisa juga diartikan sebagai saling tukar pendapat atau pikiran atau juga pengetahuan yang dimiliki. Sehingga orang yang bermusyawaroh bisa mengetahui apa yang diketahui oleh orang lain.
Kesimpulan
a.    Dalam surat Al-Kahfi ayat 65 menjelaskan bahwa untuk memperoleh (sumber) ilmu itu bisa di dapatkan dengan dua cara, yaitu Allah mengajar manusia tanpa pena atau tanpa usaha manusia sedikitpun. Dan mengajar manusia dengan pena yang telah diketahui manusia lain sebelumnya atau atas dasar usaha manusia tersebut.
b.    Dalam surat Al-Rahman ayat 1-2 menerangkan bahwa al-qur’an merupakan sumber ilmu yang pertama dan utama. Dan merupakan sebagai pedoman hidup kaum muslim. Karena di dalam al-qur’an mengandung  nilai-nilai norma kehidupan, hukum islam, pendidikan dan lain-lain.
c.    Dalam surat Surat An-Nisa’ ayat 113
d.   Dalam surat Surat Al-Maidah ayat 31 menjelaskan bahwa alam juga bisa digunakan sebagai sumber, media dan sarana belajar untuk memetik ilmu pengetahuan.
e.    Dalam surat Surat Ali ‘Imran ayat 159 dan surat Al-Syura ayat 38 menjelaskan bahwa musyawaroh juga bisa dijadikan sebagai sumber ilmu. Karena dengan bermusyawaroh kita bisa mengetahui apa yang diketahui oleh orang lain.
DAFTAR PUSTAKA
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Jakarta: lentera hati 2002
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an, Jakarta: Mizan 2005
RI, Kementrian Agama. Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jakarta: Lentera Abadi, 2010



[1] M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an (Jakarta: Mizan, 2005), hlm. 435
[2] Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya (Jakarta: Lentera Abadi, 2010), hlm. 640
[3] M. Quraish Shihab, Tafsir AL-Misbah (Jakarta: Lentera Hati, 2002), hlm. 97
[4] M. Quraish Shihab, Tafsir AL-Misbah (Jakarta: Lentera Hati, 2002), hlm. 312
[5] M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an (Jakarta: Mizan, 2005), hlm. 471

0 komentar:

Posting Komentar